Jumat, 15 Januari 2016

AFTER SALES SERVICE




 
Pengertian After Sales Service

Berikut ini akan dijelaskan pengertian After Sales Service menurut para ahli.
  • After-sales service menurut Lele dan Karmarkar (2002,40) yaitu “The service that expected from the product can be specified into three areas: reliability, service dependability, and maintance. After-sales service yaitu layanan yang diharapkan dari  sebuah  produk  yang  dapat  dispesifikasi  kan  kedalam  tiga  bidang  yaitu: reliabilitas, ketergantungan terhadap layanan dan perawatan.
  • Menurut Patton (2002,41) menyatakan bahwa after-sales service adalah a product support that can keep the product work properly for along time. Suatu layanan  pendukung  produk  yang  bertujuan  untuk  membuat  suatu  produk  dapat bekerja dengan wajar untuk jangka waktu yang lama.
  • Menurut Hindle & Thomas (2004,53) mendefinisikan after sales service sebagai "a service that provide by the company to thier coustumer, after the customer purchasing their product ".  Suatu layanan yang disediakan oleh produsen kepada konsumen, setelah konsumen tersebut melakukan pembelian pada produsen tersebut.
  • Menurut Mathe & Saphiro (2002, 42) menyatakan bahwa After-sales service is more than merely fixing what has gone wrong, which appears to be the primary function of many after sales service functions. After-sales service lebih sekedar memperbaiki  sesuatu  yang  telah  rusak  yang  muncul  menjadi  fungsi  utama  dari banyak fungsi-fungsi after-sales service yang ada.
Dari bebrapa pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa after sales service adalah layanan pendukung dari perusahaan untuk konsumen yang berkaitan dengan produk, seperti perawatan atau perbaikan poduk.  


Manfaat After Sales Service
After sales sevice merupakan salah satu metode pemasaran yang banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis. Dimana after sales service dapat memberikan efek jangka panjang dalam upaya membangun hubunganbaik dengan konsumen. Jika sudah terajalin hubungan yang baik mendapatkan konsumen yang loyal dan menjadi sumber promosi untuk mendatangkan konsumen yang lain, bukanlah hal yang sulit bagi perusahaan. 
After sales service juga bisa menjadi media antara perusahaan dengan konsumen untuk bertukar informasi mengenai barang atau jasa dalam upaya meningkatkan nilai tambah bagi konsumen. Selain itu, konsumen juga menjadi senang dengan adanya after sales service ini karena adanya garansi kepuasan terhadap manfaat suatu produk yang telah dibeli.
Jika after sales service dilakukan secara tepat dan konsisten, ini akan memberikan tempat tersendiri dihati konsumen. Dalam kondisi tertentu, konsumen bukan lagi merasa hanya sebagai user (pemakai) produk dan jasa satu perusahaan, melainkan konsumen akan berada pada posisi sebagai mitra. Karena konsumen bisa memberikan kritik dan saran seputar peningkatan kualitas produk yang telah dirasakannya. Akibatnya, loyalitas konsumen terhadap perusahaan akan mengalir dengan sendirinya



Sumber referensi :

http://www.onino.web.id/2014/08/tingkatkan-loyalitas-konsumen-dengan.html 

http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2HTML/2011200348MNBab2001/page9.html 
 
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar