Kamis, 26 November 2015

KONSEP PEMASARAN DENGAN MEDIA PERIKLANAN

Mungkin bagi orang yang sudah sering berkecimpung dalam dunia pemasaran, tidak asing lagi dengan istilah Above The Line dan Below The Line.  Kedua istilah yang menerapkan konsep pemasaran yang berbeda. Konon katanya kedua konsep tersebut tersebut sampai saat ini belum ada yang menjelaskan dan mendefinisikan secara pasti. Mungkin secara garis besarnya  saya akan menjelaskan sedikit dari kedua konsep pemasaran tersebut yang saya baca dari berbagai sumber.

1. Above The Line adalah Konsep pemasaran dengan menggunakan media masa, seperti televisi, radio, media cetak (koran, majalah, dan lain-lain). Bahkan sekarang internet sedang booming menjadi salah satu media pemasaran juga dengan membuat iklan pada situs/ web yang ramai dikunjungi netizen.(red)

2. Below The Line adalah konsep pemasaran atau aktifitas promosi yang dilakukan di tingkat pengecer yang bertujuan menarik konsumen supaya menggunakan atau membeli produk. contoh nya dengan membuat event pameran, diskon  atau menggunalan Sales Promotion Girl (SPG) sebaga media pemasran. Konsep pemasran seperti ini yang sering digunakan. Terutama bagi brand yang membuat produk-produk baru untuk dipasarkan. Perhitungan biaya yang lumayan murah juga maka konsep ini banyak yang mengunakan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai strategi atau konsep pemasaran dengan media periklanan.

menyambung dari kedua konsep tersebut, ada kaitan nya dengan beberapa mall atau pusat perbelanjaan di Bandung yang menerapkan strategi pemasarannya menggunakan salah satu dari konsep pemasaran diatas.



Bandung Indah Plaza (BIP) merupakan Mall pertama di Bandung, dan mall ini merupakan cikal bakalnya tempat perbelanjaan di Bandung. Mall ini dibuka sejak tahun 1989. Bandung Indah Plaza merupakan salah satu icon tempat belanja di Bandung sekitar era tahun 80-an, karena sebelumnya penduduk Bandung lebih sering berbelanja di pasar swalayan atau departement store.
Kini Bandung Indah Plaza yang sering disingkat dengan BIP selain menjadi pusat perbelanjaan juga sering dijadikan tempat hang out para anak – anak muda Bandung, yang sebelumnya pada jaman dulu tempat hang out itu biasa di Alun-Alun Kota Bandung.

Pada tipe pemasaran nya BIP mengadopsi Above The Line, banyak brand-brand terkenal da dan sudah booming di berbagai media yang memasarkan produknya di BIP. Karena BIP terkenal dengan barang-barangnya yang mewah.


Seperti yang penulis baca di situs resminya Festival Citylink Bandung, Mall Festival Citylink di jalan Peta No 241 Bandung ini merupakan konsep Mall di Bandung yang dibangun dengan model mall modern yaitu menjadi pusat wisata Mall Terpadu, dimana maksudnya adalah salah satu Mall terbesar di kota Bandung ini dibangun dan dikembangkan bukan hanya sekedar sebuah Mall Bandung biasa, akan tetapi Mall Festival City Link Bandung ini adalah gabungan antara Shopping Mall, Convention and Exhibition Hall, Hotel dan Condotel secara terpadu di dalam satu lokasi tempat yang dijamin menurut yang mempunyai Citylink Bandung ini akan memberikan sensasi serta rasa baru bagi kota Bandung dan yang mengunjunginya. 

Berdasarkan informasi di Festival Citylink Bandung Wikipedia, Mall baru di kota Bandung ini merupakan salah satu pusat wisata belanja di Bandung terbesar baik dari sisi anggaran pembangunan yang mencapai 1/5 trilyun rupiah dan juga Bangunan gedungnya yang sangat unik dan berkelas yang dibangun oleh salah satu pengembang property kenamaan kelas dunia asal Indoensia yaitu Agung Podomoro Land ,sehingga meraih predikat sebagai (ASIA PACIPIC PROPERTY AWARD – BEST RETAIL DEVELOPMENT INDONESIA 2014-2015 .

Pada tipe pemasaran nya Festival City Link mengadopsi Below The Line, pada setiap outlet toko, pramuniaga berada didepan menawarkan berbagai macam produk yang dijual ditoko nya.


 Balubur Town Square atau yang dikenal dengan Baltos merupakan pusat berbelanja yang berada di lokasi strategis. Baltos berada tidak jauh dari area kampus ITB, Unisba, UNPAS, UNPAD dan Kebun Binatang Bandung.
Segala keperluan dapat Anda temukan di tempat yang satu ini, mulai dari aneka kain, batik, sepatu, baju dan fashion, tersedia juga berbagai tempat berkuliner, hingga tersedianya toko peralatan yaitu Ace Hardware. Selain itu di lantai atas Baltos Anda juga dapat menemukan tempat kebugaran dan toko buku import. 

Salah satu andalan Baltos adalah menyediakan area khusus Hijab Store. Hijab Store ini untuk memberikan ruang pada perkembangan luar biasa bisnis busana muslimah. Di Hijab Store sering diadakan even.

Pada tipe pemasarannya Baltos juga mengadopsi Below The Line, sering diadakan nya event-event sehingga banyak menarik minat pengunjung.

 Sekian penjelasan mengenai Konsep Pemasaran, semoga bermanfaat.. ^_^

Sumber :
http://www.merdeka.com/ireporters/uang/apa-itu-atl-dan-btl-dalam-strategi-bisnis-ukm-.html
http://tempatwisatadibandung.info/festival-citylink-bandung
https://id.wikipedia.org/wiki/Festival_City_Link
https://id.wikipedia.org/wiki/Bandung_Indah_Plaza
www.serbabandung.com/balubur-town-square/


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar